Top
  /     /   Kerja sama IKJ

Penandatanganan MoU IKJ – ITB AD

Pada siang hari ini, Kamis tertanggal 1 April 2021 Rektor Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Dr. Indah Tjahjawulan, M.Sn. bersepakat bersama Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan (ITB AD), Ciputat, Tangerang Selatan yang diwakili oleh Dr. Mukhaer Pakkanna, SE., MM., (Ketua) untuk saling menandatangani Nota Kesepahaman (MoU), bertempat di Auditorium Rektorat IKJ disaksikan Wakil Rektor I, Dekan Fakultas Seni Rupa (FSR) IKJ beserta perwakilan dosen FSR.
IKJ dan ITB AD bersepakat untuk melakukan kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan kelembagaan serta bidang lain yang disepakati kedua belah pihak sesuai dengan fungsi dan wewenang masing-masing pihak, antara lain dalam hal:
1. Pertukaran tenaga pendidik sebagai narasumber atau dosen tamu yang berkaitan dengan bidang ilmu yang dibutuhkan.
2. Kerja sama program akademik dan non-akademik yang melibatkan mahasiswa sebagai partisipan, seperti seminar, workshop, dan kegiatan sejenis lainnya.
3. Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan bersama-sama, baik yang dilakukan antar dosen maupun antar mahasiswa.
4. Pemanfaatan kerja sama dalam hal kurikulum yang berkaitan dengan kebutuhan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.
Saat ini, ITB AD sedang mengembangkan kurikulum di Prodi Desain Komunikasi Visual. Di ITB AD sendiri, Prodi DKV sudah berjalan selama 2 tahun. ITB AD adalah sentra pengembangan seni dan desain di Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiah. Di Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiah, setiap keilmuan memiliki asosiasi sendiri. Desain Komunikasi Visual di ITB AD masuk dalam rumpun ilmu komunikasi. Namun rumpun seni dan desain belum menjadi concern utama dalam PT Muhammadiyah Aisyiah. Hal inilah yang ingin dikembangkan lebih lanjut bersama IKJ.
Di IKJ, saat ini sedang dilakukan peninjauan kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). IKJ saat ini dalam bidang promosi juga tengah mempersiapkan galeri virtual untuk mempublikasikan karya terpilih dari mahasiswa. Untuk jangka pendek, kegiatan bersama ITB AD yang sangat mungkin dilangsungkan adalah kegiatan daring seperti FGD, atau kegiatan webinar yang diinisiasi oleh ITB AD dengan mengundang dosen IKJ sebagai narasumber.
Sebarkan :
Daftar News