Top
Image Alt

Sekolah Pascasarjana

Sekolah Pascasarjana Institut Kesenian Jakarta kembali membuka pintu pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun akademik 2021/2022. 

Jika Anda lulusan S1 atau D4 dan ingin mengembangkan diri melalui jalur pendidikan magister seni, Sekolah Pascasarjana IKJ sangat mungkin adalah lembaga pendidikan tinggi yang Anda cari. 

Jika Anda pelaku, pengamat, peminat kesenian, atau apa pun latar belakang Anda, program studi seni magister yang dikembangkan di Sekolah Pascasarjana IKJ adalah pilihan yang tepat.

Ruang-ruang belajar di Pascasarjana IKJ memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar bersama seniman dan budayawan serta pakar seni dan budaya yang diakui di tingkat nasional maupun internasional. Bagi setiap mahasiswa, pintu juga terbuka lebar untuk saling belajar, saling berbagi ilmu, dan saling mendukung dan bekerja sama. Ruang-ruang belajar di Pascasarjana IKJ menjanjikan perjumpaan yang kreatif dan inspiratif bagi siapa saja yang ingin belajar untuk mencapai pengetahuan yang diproduksi bersama dalam semangat kolaboratif yang menjadi jiwa kesenian.

Ruang-ruang belajar di Pascasarjana IKJ memberi kesempatan yang sama bagi setiap mahasiswa untuk mendukung dan saling menginspirasi demi satu tujuan menghasilkan karya atau kajian seni yang berbicara tentang keurbanan.

Program S2 IKJ merupakan program interdisiplin, menerima lulusan S1 dari disiplin ilmu dan keahlian apa pun yang berminat melihat dan mengkaji masalah dari perspektif kesenian. Bertujuan untuk melahirkan tenaga-tenaga magister profesional yang memiliki pemahaman akademik serta integritas dan kemampuan untuk beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi di berbagai bidang seni.

Untuk memahami permasalahan dan fenomena sosial budaya masyarakat urban dan bagaimana memandangnya dalam perspektif baru; mahasiswa dibekali teori-teori dasar dalam serial seminar dari para ahli teori dan praktisi budaya. Ada empat mata kuliah disediakan: MKK (Mata Kuliah Keilmuan); MKKK (Mata Kuliah Keahlian Khusus); Peminatan dan Pilihan.

Info lebih lanjut klik link pmb.ikj.ac.id serta pascasarjanaikj.ac.id

Program Studi

Peminatan Penciptaan

Mata Kuliah Wajib: 

Workshop Penulisan, Seni dan Interpretasi (Semiotik), Seni dan Budaya Urban (Seni Urban dan Industri Budaya), Wacana Kebudayaan (Wawasan Sosial Budaya), Kritik Seni, Wawasan dan Gagasan Karya, Proposal Karya/Studio, Seminar Penciptaan/Studio 2.

Pilihan: Narasi Visual dan Entrepreneurship

 

Peminatan Pengkajian

Mata Kuliah Wajib: 

Workshop Penulisan, Seni dan Interpretasi (Semiotik), Seni dan Budaya Urban (Seni Urban dan Industri Budaya), Wacana Kebudayaan (Wawasan Sosial Budaya), Kritik Seni, Cultural Studies, Metode Penelitian, Persiapan Proposal, dan Seminar Tesis.

Pilihan: Narasi Visual dan Entrepreneurship

Akreditasi

Penciptaan dan Pengkajian Seni S2: Akreditasi B

Pendaftaran

Reguler:

Gelombang I – 2021/2022 : 01 Februari 2021 s/d 30 April 2021

 

Biaya

Formulir Pendaftaran : Rp. 1.000.000,-

Persyaratan 

Syarat Umum /Administratif

  1. Mengunggah fotokopi ijazah dan transkrip akademik S-1 (atau setara) yang telah dilegalisasi (2 rangkap).
  2. Membayar biaya pendaftaran.
  3. Mengunggah Pasfoto berwarna 3 x 4 (2 lembar).
  4. Mengunggah Sertifikat TOEFL (dengan nilai minimum 450).
  5. Menandatangani surat kesanggupan membayar biaya kuliah (bermeterai Rp 10.000,-) dan kesanggupan mengikuti kuliah sesuai ketentuan dan tata tertib yang berlaku. Unduh Form di sini
  6. Surat pernyataan bermaterai Rp. 10.000,- mengenai kesediaan menerima sanksi drop out apabila terbukti menggunakan Narkoba. Unduh Form di sini
  7. Untuk calon mahasiswa yang berasal dari sekolah internasional, melampirkan surat penyetaraan ijazah yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional /Kemdikbud Republik Indonesia.

 

Syarat Khusus / Akademik

  1. Menyerahkan proposal proyeksi tugas akhir penciptaan atau pengkajian.
  2. Membuat esai yang menggambarkan minat calon mahasiswa dengan isi: alasan memilih Pascasarjana IKJ, Tugas akhir yang akan dibuat Penciptaan/Pengkajian Seni, Karya/Kajian yang diminati/dikembangkan, rencana tugas akhir ide/masalah kesenian yang akan dikerjakan.
  3. Menyerahkan contoh karya atau tulisan dua tahun terakhir.
  4. Lulus seleksi masuk: Tes Tertulis dan Tes Wawancara.

Catatan:

Biaya kuliah berlaku 8 semester perkuliahan melebihi 8 semester, Mahasiswa dikenakan biaya kuliah dan SKS tahun ajaran berjalan.

Kontak

Sekretariat Akademik                       

Sekolah Pascasarjana – Institut Kesenian Jakarta                  

Komplek Taman Ismail Marzuki                  

Jl. Cikini Raya 73 Jakarta Pusat 10330

Telp. : 021-315 9687

Faks: 021-315 9617

Web: pascasarjanaikj.ac.id

Daftar News