https://kuesioner.oxygen.id/nbproject/private/spulsa/ https://rsudsosodoro.bojonegorokab.go.id/wp-content/-/rs-dana/ https://wisuda.isi.ac.id/wp-includes/system/sdana/ https://digilib.unjani.ac.id/wp-includes/block-editor/sdemo/ https://digilib.unjani.ac.id/wp-includes/class/sdana/ https://sinaker.dumaikota.go.id/vendor/orchid/img/ https://rsudsosodoro.bojonegorokab.go.id/wp-content/plugins/demo-gratis/ https://fab.uinsaid.ac.id/wp-includes/saidemo/ https://fad.unika.ac.id/wp-includes/system/spulsa/ https://ft.unika.ac.id/wp-includes/class-walker/spulsa/ https://lppm.ikj.ac.id/wp-includes/cache/
https://ap.uinsgd.ac.id/wp-includes/cache/ https://cms.uki.ac.id/pict/spulsa/ https://siak.insud.ac.id/cache/qris/ https://sidinar.bnn.go.id/app/system/ https://ikj.ac.id/wp-includes/dana/ https://cms.uki.ac.id/cache/gacor/ https://e-learning.uniba-bpn.ac.id/webservice/app/ https://mbkm.fik.dinus.ac.id/vendor/dana/
Sekolah Pascasarjana – Institut Kesenian Jakarta
Top
Image Alt

Sekolah Pascasarjana

Sekolah Pascasarjana Institut Kesenian Jakarta kembali membuka pintu pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun akademik 2023/2024. 

Jika Anda lulusan S-1 atau D-4 dan ingin mengembangkan diri melalui jalur pendidikan magister seni, Sekolah Pascasarjana IKJ sangat mungkin adalah lembaga pendidikan tinggi yang Anda cari.

Jika Anda pelaku, pengamat, peminat kesenian, atau apa pun latar belakang Anda, program studi seni magister yang dikembangkan di Sekolah Pascasarjana IKJ adalah pilihan yang tepat.

Sekolah Pascasarjana IKJ adalah tempat bertemunya keilmuan dan inovasi, tempat gagasan-gagasan ditantang dan teori dikembangkan, tempat pengetahuan dan kreativitas baru diciptakan.

Sekolah Pascasarjana IKJ menawarkan pendidikan S-2 untuk peminatan penciptaan dan pengkajian seni berbasis penelitian dalam semua bidang kesenian dan kebudayaan terutama di kesenian urban dan industri kreatif.

Pascasarjana IKJ memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar bersama seniman dan budayawan serta pakar seni dan budaya yang diakui di tingkat nasional maupun internasional. Bagi setiap mahasiswa, pintu juga terbuka lebar untuk saling belajar, saling berbagi ilmu, dan saling mendukung dan bekerja sama. Pascasarjana IKJ menjanjikan perjumpaan yang kreatif dan inspiratif bagi siapa saja yang ingin belajar untuk mencapai pengetahuan yang diproduksi bersama dalam semangat kolaboratif yang menjadi jiwa kesenian.

Program S-2 IKJ merupakan program interdisiplin, menerima lulusan S-1 dari disiplin ilmu dan keahlian apa pun yang berminat melihat dan mengkaji masalah dari perspektif kesenian. Bertujuan untuk melahirkan tenaga-tenaga magister profesional yang memiliki pemahaman akademik serta integritas dan kemampuan untuk beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi di berbagai bidang seni.

Untuk memahami permasalahan dan fenomena sosial budaya masyarakat urban dan bagaimana memandangnya dalam perspektif baru; mahasiswa dibekali teori-teori dasar dalam serial seminar dari para ahli teori dan praktisi budaya. Ada empat mata kuliah disediakan: MKK (Mata Kuliah Keilmuan); MKKK (Mata Kuliah Keahlian Khusus); Peminatan dan Pilihan.

Info lebih lanjut klik link pmb.ikj.ac.id serta pascasarjanaikj.ac.id

Program Studi

Peminatan Penciptaan

Mata Kuliah Wajib: 

Workshop Penulisan, Seni dan Interpretasi, Seni Urban dan Industri Kreatif, Wawasan Sosial Budaya, Wawasan Seni, Cultural Studies, Metode Penelitian, Proposal Karya Penciptaan, Seminar Penciptaan, Entrepreneurship.

Pilihan: Tata Kelola Seni

 

Peminatan Pengkajian

Mata Kuliah Wajib: 

Workshop Penulisan, Seni dan Interpretasi, Seni Urban dan Industri Kreatif, Wawasan Sosial Budaya, Wawasan Seni, Cultural Studies, Metode Penelitian, Persiapan Proposal Tesis, dan Seminar Tesis, Entrepreneurship.

Pilihan: Tata Kelola

Akreditasi

Penciptaan dan Pengkajian Seni S2: Akreditasi B

Pendaftaran

PMB Sekolah Pascasarjana TA. 2024/2025 

Pendaftaran Mahasiswa Baru

  • Pendaftaran Gelombang I: 8 Januari – 10 Maret 2024
  • Pendaftaran Gelombang II: 11 Maret – 26 Mei 2024
  • Pendaftaran Gelombang III: 27 Mei – 4 Agustus 2024

Ujian Masuk

  • Gelombang I: 13 Maret 2024
  • Gelombang II: 29 Mei 2024
  • Gelombang III: 7 Agustus 2024

Pengumuman Hasil Ujian

  • Pengumuman Hasil Ujian Gelombang I : 20 Maret 2024
  • Pengumuman Hasil Ujian Gelombang II : 5 Juni 2024
  • Pengumuman Hasil Ujian Gelombang III : 14 Agustus 2024

 

Link Pendaftaran

pmb.ikj.ac.id 

 

Syarat Pendaftaran PMB untuk Mahasiswa Asing

Pelayanan izin belajar bagi mahasiswa asing telah disediakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Persyaratan dan dokumen terkait dengan izin belajar untuk mahasiswa asing bisa dibuka di tautan di bawah ini:

https://izinbelajar.kemdikbud.go.id/

 

Informasi

Info selengkapnya bisa dilihat di: www.pascasarjanaikj.ac.id

persyaratan-pendaftaran-administrasi/sekolahpascasarjana-ikj

Pertanyaan tentang PMB Sekolah Pascasarjana IKJ bisa kirim e-mail ke: infopasca@ikj.ac.id atau WhatsApp di no. 0878-1112-4700 (jam kerja).

 

Persyaratan 

Persyaratan Administratif

Calon mahasiswa Sekolah Pascasarjana harus memenuhi persyaratan sebagai  berikut:

  1. Mengunggah fotokopi ijazah dan transkrip akademik S-1 (atau setara) yang telah dilegalisasi (2 rangkap);
  2. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp1.000.000,00;
  3. Mengunggah Pasfoto terbaru berwarna 3×4;
  4. Mengunggah e-KTP;
  5. Mengunggah Sertifikat TOEFL (dengan nilai minimum 450);
  6. Menandatangani surat kesanggupan membayar biaya kuliah (bermaterai Rp10.000,00) dan kesanggupan mengikuti kuliah sesuai ketentuan dan tata tertib yang berlaku; Berikut Form Surat Pernyataan Jaminan Pembayaran Kuliah;
  7. Untuk calon mahasiswa lulusan S-1 dari luar negeri, menyertakan surat penyetaraan ijazah yang dikeluarkan oleh KEMENDIKBUDRISTEK (https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/);
  8. Mengunggah fotokopi ijazah pendidikan lain/S-2 (jika ada) yang telah dilegalisasi.

Persyaratan Akademik

  1. Menyerahkan usulan proposal tugas akhir berdasarkan peminatan yang dipilih. Proposal ditulis dalam 2000 kata.
  2. Menyerahkan contoh karya (bagi Peminatan Penciptaan Seni) atau tulisan (bagi Peminatan Pengkajian dan Tata Kelola Seni) sepanjang dua tahun terakhir.

Seleksi Penerimaan

Seleksi dilakukan Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), yang terdiri atas Ketua Program Studi, Direktur, serta beberapa Dosen Tetap.

Seleksi dilakukan berdasarkan:

  1. Ujian Wawancara;
  2. Kelengkapan persyaratan akademik dan administrasi.

Seleksi calon mahasiswa dilakukan sesuai dengan waktu yang dijadwalkan. Pengumuman hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru Sekolah Pascasarjana IKJ dikirimkan melalui surat elektronik/e-mail.

Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru

Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi penerimaan diwajibkan mendaftar ulang sesuai jadwal telah ditentukan. Calon mahasiswa yang tidak melakukan pendaftaran ulang sampai batas waktu yang ditentukan dianggap mengundurkan diri.

Calon mahasiswa yang akan mendaftar ulang, harus mengirimkan bukti melalui e-mail ke infopasca@ikj.ac.id:

  1. Surat Keputusan Diterima (SKD) yang dikirim lewat surat elektronik;
  2. Sudah melunasi kewajiban keuangan (Uang Pangkal dan Biaya Kuliah).

Pendaftaran dapat dilakukan melalui portal terpusat Institut Kesenian Jakarta, mulai dibuka pada 8 Januari 2024. Silakan melakukan pendaftaran melalui situs PMB IKJ.

www.pascasarjanaikj.ac.id

Rincian Biaya Kuliah

Biaya Pendidikan

  1. Biaya formulir pendaftaran Rp1.000.000,00
  2. Biaya/Uang Pangkal Rp6.500.000,00 (dibayar satu kali ketika pendaftaran ulang)
  3. Biaya kuliah Rp14.000.000,00 / semester.

 

PERHATIAN:

  1. Biaya pendidikan yang tercantum dalam halaman ini sewaktu-waktu dapat berubah;
  2. Biaya kuliah tidak termasuk biaya sidang dan wisuda;
  3. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan.

Kontak

Sekretariat Akademik                       

Sekolah Pascasarjana – Institut Kesenian Jakarta                  

Komplek Taman Ismail Marzuki                  

Jl. Cikini Raya 73 Jakarta Pusat 10330

Telp. : 021-315 9687

Faks: 021-315 9617

e-mail: infopasca@ikj.ac.id

WhatsApp: 0878-1112-4700 (jam kerja).

Web: pascasarjanaikj.ac.id

Daftar News