Tim Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Sosialisasi Creative Battle
Institut Kesenian Jakarta (IKJ) menerima kunjungan online dari tim Deputi Bidang Pemasaran c.q. Direktorat Komunikasi Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang bermaksud melakukan sosialisasi kompetisi film pendek kepada para mahasiswa/i civitas academica IKJ (19/6).
Pertemuan via g-meet tim deputi bidang pemasaran Kemenparekraf dipimpin Rekso Dwi Ryanto –dihadiri oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Kerja Sama dan Komunikasi IKJ dan Kepala Satuan Kerma Fakultas Film dan Televisi beserta beberapa jajaran struktural dekanat dan dosen terkait serta mahasiswa–, menyatakan maksudnya untuk melakukan kegiatan selama liburan sekolah berbentuk kompetisi di bidang film yang melibatkan siswa/i Sekolah Menengah Atas (SMA) dan mahasiswa/i perguruan tinggi di area Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya, dalam rangka meningkatkan brand awareness dan engagement akun Creative by Indonesia. Karya para peserta akan dikurasi oleh tim Creative by Indonesia bersama sutradara ternama tanah air. Direktur Komunikasi Pemasaran, Yohanes De Brito Titus Haridjati melalui surat tertulisnya mengharapkan pihak IKJ memberikan izin bagi tim mereka yang akan ditugaskan melakukan sosialisasi kompetisi di kampus IKJ.
Kali ini tim mereka Creative by Indonesia melalui program bertajuk Creative Battle pada edisi kali ini akan memperlombakan kreativitas anak muda dalam memproduksi film pendek / video iklan layanan masyarakat untuk mahasiswa. Creative Battle dihadirkan sebagai wadah para insan kreatif terutama di kalangan anak muda untuk merangsang kreativitas serta memupuk semangat kompetisi yang sehat dalam bidang seni. Melalui acara ini, para peserta dapat saling menginspirasi dengan bertukar ide dan mengeksplorasi berbagai konsep kreatif yang membangun, hingga meningkatkan kepercayaan diri dalam menghadapi tantangan yang beragam.
Pihak IKJ pada intinya menyambut baik ajakan ini dengan melibatkan para mahasiswanya secara selektif untuk menjadi peserta kompetisi Creative Battle sesuai kondisi perkuliahan dan kesibukan studi mahasiswa/i berdasarkan jadwal akademik yang ada, berikut pula pertimbangan lainnya mengikuti ketentuan perguruan tinggi dari dinas pendidikan.
___
Catatan Pertemuan:
1. Perwakilan dari tiap institut adalah maksimal 3 (tiga) tim, dimana 1 tim terdiri dari 7 (tujuh) orang crew member di luar aktris/aktor;
2. Video iklan layanan masyarakat bertemakan “liburan” dengan durasi maksimal adalah 7 (tujuh) menit;
3. Pengiriman karya dilakukan oleh pihak institut kepada tim Creative Battle (yang telah dikurasi terlebih dahulu oleh pihak institut/fakultas);
4. Karya yang dikirimkan berupa video (kualitas 1080p HD dan 1440 p 2K) yang tidak mengandung unsur SARA, pornografi, maupun politik;
5. Full video dikirimkan secara unlisted melalui Youtube dan teaser untuk dipublish di akun instagram @CreativebyIndonesia;
6. Pihak penyelenggara akan menyediakan sertifikat bagi para peserta kompetisi;
7. Sosialisasi lanjutan terkait Kompetisi Perfilman ini akan dilakukan kepada mahasiswa FFTV IKJ pada minggu IV (sekitar tanggal 24, 25, 27, & 28 Juni 2024)
8. Info terbaru terkait Penyelenggaraan Kompetisi ini akan disampaikan segera oleh tim Creative Battle.