Bahasa Visual, Bahasa Kampanye Pemilu?
Bagaimana bahasa dimanfaatkan dalam kampanye Pemilu?
👁️ Kampanye Pemilu sudah di depan mata. Bulan bahasa baru saja dirayakan sepanjang bulan Oktober 2023. Kendati bukan diskusi politik, diskusi publik ini menarik karena mencoba memahami bagaimana bahasa dimanfaatkan dalam kampanye. Mari ikut berbantahan secara positif dengan mendiskusikan bahasa dan kuasa, bahasa dan penjenawaan, bahasa dan politik, dan bahasa visual. Dalam suasana kampanye yang sering kali terasa “panas 🔥”, mari membuat langkah yang menyejukkan karena kita memahami berbagai bahasa sebagai alat komunikasi.
✨Pembicara ✨
Dr. Seno Gumira Ajidarma (IKJ)
Kuasa dan Bahasa
Prof. Agus W. Soehadi, Ph.D (UPM)
Bahasa dan Penjenamaan (Branding)
Prof. Dr. Zeffry Alkatiri (UI)
Politik dan Bahasa
Dr. Iwan Gunawan (IKJ)
Bahasa Visual
Moderator: Debra H. Yatim
Acara dilaksanakan secara luring pada:
🌤️ Kamis, 9 November 2023
⏳ Pk 13.00 – 15.30 WIB
🪑 Di Universitas Prasetya Mulya, Kampus Cilandak
Jl. R.A. Kartini RT.14 / RW.6, Cilandak, Jakarta Selatan
Diskusi publik ini untuk mengkritisi bagaimana Bahasa menjadi medium kampanye.
✍🏾 Link Survei: https://forms.gle/1xTudDdE3Udf2xTs8
Dosen Desain Komunikasi Visual IKJ, Dr. Iwan Gunawan mengutip Journal of Experimental Psychology: Human Learning&Memory, memaparkan riset yang membuktikan bahwa lebih baik dalam belajar dan mengingat konten ketika kita melihat gambar daripada teks. Fenomena ini disebut Picture Superiority Effect. Bahasa visual dalam kampanye, yang biasanya tertuang dalam bentuk poster, spanduk, dan lainnya selalu menjadi bagian penting. “Bahasa visual sangat penting sebagai strategi. Bahasa visual yang digunakan sebaiknya sesuai dengan image yang ingin ditampilkan, sesuai dengan positif apa yang ingin dia tunjukkan dari Si Kontestan, dan gayanya bagaimana, sambil tetap memperhatikan siapa targetnya. Biasanya anak-anak Gen Z ketika ada bahasa visual yang tidak dia sukai dia tidak ngerti dia tinggalkan dan ini menjadi tantangan tersendiri,” ujar beliau.
#kerjasamaikj #ikj #prasetyamulya
#dosenikj #sekolahpascasarjana #civitasacademica_ikj
#institutkesenianjakarta #bahasavisual #budayavisual