Top
  /     /   Fakultas Seni Rupa & Desain

Animakini 2022

Setelah 5 tahun penyelenggaraan Animakini sejak 2017-2019 secara luring, dan 2020-2021 secara daring. Pada tahun 2022 ini penyelenggaraan kegiatan Animakini akan kembali berlangsung secara luring dengan acara antara lain: sharing animasi dengan narasumber dari pengajar animasi dan profesional, asosiasi animasi dan studio animasi; workshop animasi dengan narasumber dari pengajar animasi FSRD IKJ, kolaborasi nonton animasi Indonesia dan lomba animasi tingkat Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/K) hingga Perguruan Tinggi.

Kegiatan di tahun ke-6 ini diharapkan ANIMAKINI dapat dijadikan acara berkelanjutan yang ke depannya menitikberatkan pada forum temu para pelaku ekosistem animasi di Indonesia, kolaborasi karya tugas akhir, memberikan workshop modelling 3d dan motion grafis, paparan kajian animasi Indonesia, dan sharing pelaku di industri animasi.

Rangkaian kegiatan ANIMAKINI 2022:

Pra ANIMAKINI 2022

Screening Animasi
Jumat, 9 Desember 2022

Workshop 3D modelling
Sabtu, 10 Desember 2022

PUNCAK ANIMAKINI 2022

Opening ANIMAKINI
Kamis, 15 Desember 2022

✨Seminar Akademik & Industri
Jumat, 16 Desember 2022

Talkshow Nominator Peserta Lomba Animasi Karya Tugas Akhir Pelajar dan Mahasiswa – Nobar Animakini 2022
Sabtu, 17 Desember 2022

🥳

📍Kineforum, Gd. Trisno Sumardjo, Lt. 4, Taman Ismail Marzuki
💵HTM : FREE
GET : Sertifikat-e  🎟️

Link Registrasi: https://linktr.ee/animakini.id (Klik di bio)

💻 www.animakini.id
IG @animakini
Facebook : animakini

#fsrdikj
#institutkesenianjakarta

*

Press Release

ANIMAKINI 2022

Kineforum
Gedung Trisno Sumardjo Lt.4 | Teater Sjumandjaja dan Asrul Sani

15-17 DESEMBER 2022

(Animasi Cikini) 2022

RECONNECTING
Sudah menjadi bagian dari kegiatan tahunan FSRD IKJ, kegiatan Animakini di tahun ke-6 ini berlangsung secara mandiri dilaksanakan oleh para mahasiswa dan pengajar prodi DKV didukung oleh prodi lainnya di FSRD IKJ. Setelah melalui masa pandemi Covid-19 pada 2020 mengusung tema “Meski Berjarak Tetap Bergerak”, pada 2021 membawa tema “Eksplorasi dan Kolaborasi” kegiatan ini bisa terus hadir dalam mendukung perkembangan pendidikan dan apresiasi animasi di Indonesia.

Di tahun 2022 ini dengan mengusung tema “Reconnecting” yang menghubungkan pada forum temu para pelaku ekosistem animasi Indonesia yang melibatkan 5 unsur Pentahelix, didukung Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Dewan Kesenian Jakarta, Jakpro, Asosiasi Industri Animasi Indonesia (AINAKI), institusi akademik dari 26 kampus animasi/multimedia/DKV dari Malaysia, Batam,Padang, Jambi, Palembang, Jakarta, Tangerang, Bandung, Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Surabaya, Malang hingga Bali dan 14 sekolah SMA/SMK dari Pekanbaru, Jambi, Jakarta, Depok, Cibinong, Bogor, Kudus, Yogyakarta, Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya hingga Malang yang mengikuti lomba animasi, serta didukung oleh komunitas animasi, motion grafis, dan video art serta dari media sehingga terjalin kolaborasi dan komunikasi antar pelajar dan mahasiswa animasi di Indonesia.

Animakini awalnya adalah program kegiatan Kerja Sama Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Kesenian Jakarta dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF). Pada tahun 2016 Institut Kesenian Jakarta ditunjuk sebagai pusat Unggulan Kreatif subsektor animasi dan fashion. Kerja sama ini diawali dengan penyusunan Grand Strategy dan merumuskan Roadmap Pengembangan Ekonomi Kreatif Animasi Indonesia, yang kemudian berlanjut dengan kegiatan ANIMAKINI (Animasi Cikini) 2022.

Tujuan kegiatan di tahun ke-6 ini diharapkan akan menjadi acara yang berkelanjutan ke depannya dengan menitikberatkan pada forum temu para pelaku ekosistem animasi di Indonesia, kolaborasi karya tugas akhir, memberikan workshop animasi dan motion grafis, paparan kajian animasi Indonesia, dan sharing pelaku di industri animasi, agar terjalin kolaborasi dan komunikasi antar institusi pendidikan animasi, industri, dan komunitas di Indonesia, serta mampu meningkatkan kompetensi para pelaku pendidikan animasi, praktisi dan pecinta animasi melalui kegiatan seminar, workshop, dan pameran, dan screening lomba animasi pelajar dan mahasiswa, serta memberikan wawasan pengetahuan tentang animasi yang terjadi saat ini dan masa depan, juga menjadikan peminatan motion design & digital animation di DKV FSRD IKJ sebagai barometer kegiatan pendidikan animasi di Indonesi, dan meningkatkan potensi minat calon mahasiswa pada Prodi DKV dan prodi lain di FSRD IKJ.

Animakini 2022 dimulai pada hari Kamis, 15 Desember, pukul 16.00 WIB, dibuka oleh Dekan FSRD IKJ, Anindyo Widito, M.Sn., dan Ketua Komite Film Dewan Kesenian Jakarta, Agni Ariatama, M.Sn. serta laporan dari Ketua Pelaksana Animakini 2022, Khansa Putri Hakim (mahasiswi animasi Prodi Deskov FSRD IKJ), dilanjutkan dengan screening karya lomba animasi dari pelajar dan mahasiswa.

Pada hari kedua Jumat, 16 Desember, pukul 09.30 WIB, dimulai dengan seminar akademik menampilkan narasumber Beng Rahadian (Kaprodi DKV FSRD IKJ) membahas “Merancang Storytelling melalui Komik Perjalanan”, dan Catur Satria (Pengajar Multimedia Deskov FSRD IKJ yang juga Ketua Animakini 2021) membahas soal kajian Animakini dari masa ke masa dan industri motion grafis di industri TV, serta Erina Adeline (dosen FFTV IKJ peraih penghargaan Kritik Film Terbaik FFI 2022) dalam kajian “Perempuan sebagai Ilusi: Politik Seksual Film Love for Sale”.

Sesi siang dilanjutkan dengan sharing talkshow dari mahasiswa animasi FSRD IKJ Hanif Dewana dan Nadhira Ayya Shofiyah yang mengikuti proyek kolaborasi pembuatan animasi cerita rakyat dari Badan Bahasa Kemendikbud dengan Asosiasi Prodi DKV, Dirjen Vokasi dan SMK bersama AINAKI melibatkan industri, kemudian presentasi dari Sekretaris Jenderal AINAKI, Eka Chandra tentang Asosiasi Industri Animasi.

Pada hari ketiga (penutup) Sabtu, 17 Desember, kegiatan berlangsung mulai pukul 13.00 WIB, seminar industri seni budaya dengan narasumber Omar “Bejo” Aryarindra (Ketua IKAFI FFTV IKJ, sutradara animasi) membahas soal tantangan membangun serial animasi di Indonesia, studi kasus Adit Sopo Jarwo dan serial baru yang akan tayang, serta Rege Estudianto (Ketua ADGI 2017-2022) dengan bahasan kiat sukses mengelola Asosiasi Desain Grafis 2017-2022 dalam berkolaborasi dengan Pemerintah. Kemudian akan hadir Indra Ameng (Ketua INI IKJ, Manajer @wsacc, Direktur Program Ruru) tentang seputar Mengelola Manajemen Seni Rupa dan Musik, dan mengupas studi kasus Band WSITCC dan Documenta Kasel. Hadir pula Sekar Kusuma, animator, menampilkan behind the scene perancangan animasi Cerita Agung, behind the scene perancangan Video Musik Juwita Malam, NonaRia | Ismail Marzuki, serta Maria Aurellia Dyan Putri Utami, sebagai ilustrator.

Sesi penutupan Animakini 2022 adalah pengumuman lomba animasi tingkat pelajar dan mahasiswa kategori 2D dan 3D yang diikuti 135 peserta dari 26 kampus dari Malaysia hingga Bali dan 14 SMA/SMK dari Pekanbaru hingga Malang, berdasarkan hasil penjurian dari Fajar Nuswantoro, CEO Kulstori-pemilik IP animasi Bilu Mela, Riska & Gembul, serta Abi dan Caca, Catur Satria Wibowo (Koordinator Motion Grafis RCTI) dan Daryl Wilson (Ketua AINAKI).

Dalam tiga hari penyelenggaraan tersebut Animakini juga berkolaborasi dengan komunitas Aksara Prologue yang menampilkan pameran video Art yang mengisi ruang-ruang terbuka dan ruang serbaguna di lantai 4 Kineforum, Gedung Trisno Sumardjo, Taman Ismail Marzuki.

Menurut Ketua Pelaksana pameran, Raz Pahlevi Anwar, Aksara Prologue ingin menampilkan ekspresi visual yag dinamis, media kritik dan eksperimental bagi seniman-seniman dari FSRD IKJ berkolaborasi dengan seniman video art dari dalam dan luar negeri.

Harapan dari kegiatan Animakini 2022: mampu semakin menggairahkan para kreator animasi di lingkungan pendidikan untuk saling mengapresiasi tidak sekadar berkompetisi, namun bisa menghasilkan konten animasi pelajar dan mahasiswa semakin beragam, semakin berkualitas, menampilkan ide baru, unsur penceritaan yang menyampaikan pesan dari perkembangan karakter dalam cerita, penokohan karakter yang mendukung teknis sinematografis dengan unsur terobosan teknologi terbaru bisa menjadi kajian data perkembangan animasi Indonesia dan bisa menjadi momen berkolaborasi sesuai tema Reconnecting.

 

Narahubung:

(Ketua Pelaksana Animakini) Khansa Putri Hakim 087882082888, (Kurator Aksara Prologue) Haura Khalisha 08111314903

#IKJ

 

 

 

 

#IKJ

 

 

 

#IKJ

Sebarkan :
Daftar News