Top
  /     /   Dosen IKJ

RIP Toeti Heraty (1933-2021)

Telah berpulang ke rahmatullah sesepuh senior sivitas akademika Institut Kesenian Jakarta (Rektor IKJ Periode 1990-1996) Prof. Dr. Toeti Heraty Noerhadi binti R. Roosseno pada usia 87 tahun (lahir 27 November 1933) di RS MMC Jakarta pada hari Minggu, 13 Juni 2021, pukul 05.10 pagi.
Almarhumah disemayamkan di rumah duka: Jl. Cemara no.6, Menteng, Jakarta Pusat, dan akan dimakamkan setelah waktu sholat dzuhur di TPU Karet Bivak.
Pihak keluarga almarhumah mohon doa para kerabat/kolega dan dibukakan pintu maaf bagi almarhumah.
Sosok Toeti Heraty, doktor filsafat yang sebelumnya pernah studi di Rijk Universiteit, Leiden, Belanda ini adalah salah satu pelopor berdirinya IKJ, diangkat menjadi anggota Dewan Kesenian Jakarta (1968-1971) saat pembentukannya di pusat kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki yang juga baru lahir.
Dikenal sebagai penyair, penulis produktif dan aktivis perempuan yang dikukuhkan sebagai Guru Besar Luar Biasa pada Fakultas Sastra UI (1994), Toeti Heraty turut aktif beraspirasi dalam mengembangkan khasanah kebudayaan dan majunya jalur kesenian para seniman tanah air melalui kepengurusannya di Akademi Jakarta. Kiprah almarhumah dalam memperluas wawasan dan peluang-peluang di bidang seni membuatnya dijuluki sebagai ibu para seniman dan budayawan Indonesia.
Selamat jalan, Ibu Toeti. Kau selalu tetap di hati
#IKJ
Sebarkan :
Daftar News