Top
  /     /   Kegiatan Kampus

BEM IKJ

@mahasiswaikj

Badan Eksekutif Mahasiswa – Institut Kesenian Jakarta

*

Halo, Mahasiswa IKJ!ūüĎčūüŹĽ‚ú®

Senimart sekalian udah tau kan logo BEM IKJ?
Nah, tapi ada yang tahu gak nih, apa sih arti dari logo BEM IKJ yang sekarang?

Yuk, kita bahas filosofi logo BEM IKJūüėÜ

1. Di tengah logo BEM IKJ tentunya ada lambang Institut Kesenian Jakarta
2. Bentuk tangan, melambangkan BEM IKJ mewadahi aspirasi dan menyatukan mahasiswa.
3. Jari yang berwarna hijau, biru dan kuning melambangkan warna fakultas yaitu FSRD, FFTV, FSP.
4. Di antara lambang IKJ dan tangan terdapat bentuk buku yang dibuat dengan teori gestalt memiliki makna ilmu pengetahuan yang luas dan akan terus bertambah oleh bibit-bibit seniman.

Wahhh keren banget yaa filosofi dari logonyaa…
Semoga harapan yang digambar lewat lambang ini bisa menjadi suatu kenyataan yang terus berkembangūüôĆūüŹĽ

Salam Debur Ombak ūüĆä

#IKJ

 

*

Apa Itu BEM? Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Tanggung Jawabnya 

BEM atau Badan Eksekutif Mahasiswa merupakan organisasi yang kegiatannya sangat direkomendasikan untuk diikuti oleh mahasiswa, baik di universitas ataupun institut.

Tugas dari BEM melingkupi banyak hal, baik dari pelaksanaan program kerja yang ada di kampus hingga menjadi perwakilan aspirasi mahasiswa. Sebagai mahasiswa bebas berkreasi dan berpendapat. Misalnya dalam melakukan perubahan, mengasah emosional, paradigma, mengembangkan intelektual hingga nilai-nilai religius pun.

*

Sebagai lembaga eksekutif, kehadiran organisasi ini tidak lain dan tidak bukan sebagai wadah aspirasi mahasiswa melalui beberapa departemen.

Setiap organisasi pasti memiliki susunan pengurus. Dalam hal ini Badan Eksekutif Mahasiswa mengadaptasi lembaga eksekutif dalam pemerintahan (negara) yang bertanggung jawab untuk menerapkan hukum atau kebijakan lainnya yang berlaku pada suatu fakultas ataupun pada suatu perguruan tinggi.

Anggota BEM mengurus terkait dunia perguruan tinggi BEM itu berada, membantu Ketua BEM dalam melaksanakan program-programnya, umumnya BEM memiliki beberapa departemen atau bidang yang mencakup tingkat fakultas di satu perguruan tinggi.

*

Badan Eksekutif Mahasiswa terdapat beberapa organisasi intra kampus, antara lain unit kegiatan mahasiswa, senat mahasiswa dan himpunan mahasiswa.

Senat Mahasiswa merupakan bagian dari BEM sebagai Badan Perwakilan Mahasiswa tertinggi atau Badan  Legislatif Mahasiswa, bergantung pada dinamika mahasiswa di setiap kampus.

Unit Kegiatan Mahasiswa (disingkat UKM) adalah wadah aktivitas kemahasiswaan luar kelas untuk mengembangkan minat, bakat dan keahlian tertentu. Lembaga ini merupakan partner organisasi kemahasiswaan intra kampus lainnya seperti senat mahasiswa dan badan eksekutif mahasiswa, baik yang berada di tingkat program studi, jurusan, maupun universitas. Lembaga ini bersifat otonom, dan bukan sebagai cabang dari badan eksekutif maupun senat mahasiswa.

Unit kegiatan mahasiswa terdiri dari beberapa kelompok minat:

  • Unit kegiatan olahraga
  • Unit kegiatan kesenian
  • Unit kegiatan khusus (Unit kerohanian, Pecinta Alam, dsb).

Himpunan Mahasiswa jurusan/program studi/peminatan adalah organisasi mahasiswa di tingkat jurusan di suatu perguruan tinggi yang merupakan kegiatan ekstra kurikuler. Keberadaan Himpunan Mahasiswa haruslah berdasarkan prinsip Dari, Oleh dan Untuk Mahasiswa.

Himpunan Mahasiswa merupakan media bagi anggotanya untuk mengembangkan pola pikir, potensi, dan kepribadian yang berkaitan dengan disiplin ilmunya agar siap terjun ke masyarakat. Himpunan Mahasiswa berada di tingkat fakultas dan berada di bawah koordinasi Senat Mahasiswa atau BEM Fakultas, sehingga seluruh kegiatannya harus berafiliasi ke program Senat Mahasiswa.

Adapun kegiatan HM umumnya hanya terbatas pada kegiatan di tingkat jurusan/program studi/peminatan, khususnya dalam rangka pengkajian dan pengembangan keilmuan setiap jurusan/program studi/peminatan.

*

Setiap BEM di beberapa universitas memiliki visi misi. Antara lain memiliki visi misi inklusif, berprinsip entrepreneur, impactful, peduli terhadap lingkungan dan berwawasan.

*

Sifat atau Karakteristik BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa)

Pengertian BEM tidak semata-mata pengertian secara teoritis saja. Itu sebabnya dalam realita di lapangan, setiap anggota BEM tidak akan dijelaskan pengertian BEM secara teoritis. Tetapi juga harus memiliki karakteristik dan sikap. Di antaranya harus memiliki sifat kekeluargaan, membina dan mampu mendisiplinkan anggotanya.

Bahkan membina dan meningkatkan disiplin perilaku saja tidak cukup. Tugas senat mahasiswa pun mampu membentuk norma perilaku yang baik dan taat pada aturan yang berlaku. Tanggung jawab besar seorang senat mahasiswa yang tidak kalah keren adalah, dituntut untuk mampu menyikapi dan mensukseskan program Tridarma Perguruan Tinggi lewat berbagai cara. Mulai secara kokurikuler hingga ekstrakurikuler.

Adapun sifat dasar dari pengertian BEM, yaitu bersifat independen dan demokratis. Kedua sifat ini harus berjalan seiring dan sehaluan agar program-program yang dijalankan tetap berjalan lancar. Memang penting menciptakan organisasi yang demokratis. Hal ini sesuai dengan gelora mahasiswa yang butuh ruang untuk mengekspresikan diri menyalurkan pendapat.

*

Apa Fungsi BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa)?

Belum afdol jika pengertian BEM hanya diartikan sebagai satu sisi saja. Ternyata organisasi ini memiliki fungsinya. Dalam ini berarti senat mahasiswa yang menjalankan BEM. Ada beberapa fungsi, di antaranya sebagai sarana tempat untuk menampung aspirasi dan keluhan.

Jadi segala keluhan dan aspirasi mahasiswa bisa disampaikan ke BEM terlebih dahulu, kemudian nantinya akan disampaikan ke bidang pelayanan kegiatan mahasiswa sebagai jalur aspirasi yang ingin disampaikan ke pihak kampus.

Fungsi Badan Eksekutif Mahasiswa :

  • Sebagai lembaga tinggi mahasiswa yang akan mengakomodasi seluruh kepentingan mahasiswa di kampus.
  • Sebagai¬†agent of change dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Sebagai¬†social control¬†dalam melihat setiap kebijakan baik dalam lembaga kampus maupun dalam pemerintahan Republik Indonesia (regional dan nasional )
  • Membangun sinergitas dengan seluruh organisasi dan struktural di kampus.
  • Sebagai fasilitator dalam menjaring aspirasi mahasiswa.

Fungsi Mahasiswa:

  • Mahasiswa sebagai Agen Perubahan
  • Mahasiswa sebagai¬†Iron Stock
  • Mahasiswa sebagai¬†Guardian of Value
  • Mahasiswa sebagai¬†Moral Force
  • Mahasiswa sebagai¬†Social Control
  • Mahasiswa sebagai Kontrol Politik
  • Mahasiswa sebagai Penyalur Aspirasi

Tidak dapat dipungkiri pula, ada banyak permasalahan yang terjadi di setiap perguruan tinggi. Tanpa terkecuali. Dari berbagai macam permasalahan inilah, Badan Eksekutif Mahasiswa sebagai penengah atau mediasi. Sekaligus sebagai pihak yang membantu menyamakan persepsi agar tidak terjadi multitafsir. Sehingga masalah yang besar bisa disederhanakan dan tidak berbuntut pada permasalahan yang berlarut-larut.

Terkait teknis bagaimana cara menyamakan persepsi dalam menghadapi permasalahan di kampus. Tentu saja semua kembali dan diserahkan ke masing-masing kampus. Ada yang dilakukan dengan cara diskusi, evaluasi atau dengan musyawarah.

*

Apa Tugas dan Tanggung Jawab BEM?

Sebagai wakil dari mahasiswa dari berbagai jurusan, dibutuhkan kemampuan merumuskan aspirasi mahasiswa, menyusun program kerja senat, mengkoordinasi penyusunan program kerja hingga mampu membantu serta mengawasi kegiatan ekstrakurikuler dan non ekstra kurikuler.

*

Mengapa Harus Ada BEM?

Tujuan BEM secara umum dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut :

1. Dapat menciptakan situasi yang kondusif di kampus
2. Dapat mewujudkan kesejahteraan mahasiswa di Perguruan Tinggi
3. Dapat menjunjung tinggi nilai kebangsaan
4. Dapat menjadi sarana belajar mahasiswa

BEM menjadi organisasi yang bisa dijadikan oleh mahasiswa untuk belajar berbagai kemampuan, khususnya lebih ke arah soft skills seperti kepemimpinan, public speaking, komunikasi, kerja sama dan masih banyak lagi.

*

Perlukah Mengikuti Organisasi BEM?

Jika ingin memiliki pengalaman berorganisasi dan mengasah soft skills maka mengikuti BEM adalah pilihan terbaik. Dengan belajar banyak hal di sana, jika serius apalagi jika bisa menjadi ketua, tentu saja bisa memperbagus CV.

Rata-rata orang yang mengikuti organisasi pada saat kuliah akan lebih mudah dalam mencari pekerjaan.

Tentu saja akan banyak manfaat mengikuti BEM. Selain mendapatkan teman baru lintas jurusan, juga akan belajar bekerja secara tim, belajar berorganisasi, belajar berkomunikasi dengan pihak-pihak luar dan yang paling penting, belajar kepemimpinan dan speak up. Setidaknya pelajaran-pelajaran ini tampak sepele, namun secara tidak langsung sangat mempengaruhi dan menentukan jalan hidup dalam bekerja selulus kuliah.

*
Istilah
Demisioner BEM: Keadaan BEM tanpa kekuasaan yang sah.

 

Sebarkan :
Daftar News