CiFFest 2021 : Fashion Movement on a New Normal
CiFFest kembali lagi Oktober ini
Dalam situasi yang masih pandemic bukan menjadi penghalang untuk berhenti berkreativitas, justru dalam keadaan yang terbatas memaksa kita untuk lebih jauh mengembangkan kreativitas sehingga mendapatkan ide dan teman baru. CiFFest 2021 kembali dihadirkan Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Kesenian Jakarta melalui Program Studi Desain Produk Mode & Busana dengan mengangkat tema “Fashion Movement on a New Normal” menangkap isu dari pandemi global yang belum usai dan mempengaruhi dunia fashion. CiFFest 2021 menggelar ragam kegiatan acara secara virtual antara lain workshop, seminar hingga pameran virtual.
CiFFest 2021
“Fashion Movement on a New Normal”
via Zoom Meeting
HTM : FREE
BENEFITS
E – Sertifikat
Give Away
WORKSHOP
Sabtu, 16 Oktober 2021
Sesi I
10.00 s.d 12.00 WIB
“ONLINE Upcyling &Refashioning: used jeans to mini sling bag”
Sesi II
13.00 s.d 15.00 WIB
“STYLING BY KNOTTING : Marcame Accessories”
WORKSHOP
Sabtu 23 Oktober 2021
Sesi I
10.00 s.d 12.00 WIB
“Upcycling Fashion”
Sesi II
13.00 s.d 15.00 WIB
“Stylish Outwear with Draping Technique”
PEMBUKAAN CiFFest 2021
Jumat, 29 Oktober 2021
Sesi I
09.00 s.d 11.30 WIB
Seminar Nasional
“Fashion Movement On a New Normal Local Brands Go International”
Sesi II
13.00 s.d 15.00 WIB
“Fashion Movement On a New Normal: Start-up Business Fashion On A New Normal”
Seminar Nasional
Sabtu, 30 Oktober 2021
Sesi I
10.00 s.d 12.00 WIB
“Zero Waste, The Future of Fashion?”
Sesi II
13.00 s.d 15.00 WIB
“Sustainable Fashion Implementation on Fashion Design”
Pameran Kolaborasi
16 Oktober 2021 s.d 11 Februari 2022
Daftar segera CiFFest 2021
Https://linktr.ee/ciffest.id
Dapatkan Infromasi tambahan mengenai CiFFest melalui :
#ciffest2021
#cikinifashionfestival
#fashion #seminar #workshop #
___
CIKINI FASHION FESTIVAL ‘CiFFest 2021’
“Fashion Movement on a New Normal”
CiFFest adalah program kegiatan kerjasama Institut Kesenian Jakarta dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF). Institut Kesenian Jakarta ditunjuk sebagai pusat Unggulan Kreatif sektor Fashion. Kerjasama ini diawali dengan penyusunan Grand Strategy Fashion dan merumuskan Roadmap Pengembangan Ekonomi Kreatif Fashion Indonesia, yang kemudian berlanjut dengan kegiatan Cikini Fashion Festival (CiFFest).
Kegiatan CIFFest pertama kali diadakan pada tahun 2017, dan sudah diadakan selama empat tahun berturut-turut (2017, 2018, 2019, dan 2020), dengan menitikberatkan pada forum temu para pelaku ekosistem fashion Indonesia. Menjalin kolaborasi dan komunikasi antar pelaku ekonomi kreatif fashion di Indonesia, baik dari akademisi, industri dan komunitas. Meningkatkan kompetensi para pelaku ekonomi kreatif fashion, mahasiswa, dan pecinta fashion melalui kegiatan workshop, pameran, dan seminar.
Kegiatan CiFFest akan tetap dilaksanakan meskipun tanpa kerjasama dengan BEKRAF. CiFFest sudah menjadi bagian dari kegiatan rutin Institut Kesenian Jakarta. Pelaksanaan dan pembiayaannya pun sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Kesenian Jakarta. CiFFest harus tetap hadir untuk mendukung perkembangan pendidikan fashion di Indonesia.
Ruang lingkup
Fashion di Masa Pandemi
Pandemi menjadi momentum perubahan besar hampir diseluruh aspek kehidupan. Masyarakat dipaksa untuk dapat beraktivitas sehari-hari seperti: bekerja, sekolah, dan melakukan aktivitas sosial dari rumah. Terbatasnya aktivitas menyebabkan seluruh masyarakat beralih ke teknologi digital agar tetap terhubung satu dengan lainnya. Teknologi digital mampu mengakomodir perubahan yang terjadi, memberikan kemudahan dan percepatan hampir seluruh aktivitas kehidupan.
Dapat dikatakan digitalisasi menjadi solusi di masa pandemi, akan tetapi perubahan ini memberikan dampak besar pada ekonomi global yang sedang berlangsung. Sektor-sektor yang mendukung perekonomian mengalami keterpurukan, salah satunya industri fashion.
Sebagian besar Industri Fashion besar ataupun kecil dihadapkan pada situasi sulit. Dikarenakan perubahan situasi dan kondisi yang begitu cepat serta tidak adanya petunjuk dalam mengatasi situasi ini. Bisnis fashion terdepan seperti Trendforcaster berusaha cepat memprediksi dan menangkap fenomena-fenomena yang terjadi di saat pandemi. Fashion retail berusaha keras berinovasi dan beradaptasi dengan cepat mengikuti perubahan tren gaya hidup, tren fashion, dan pola berbelanja di saat pandemi, agar dapat keputusan cepat dan tepat untuk kelangsungan usahanya.
Perubahan tren gaya hidup memaksa kita untuk berfikir keras mengatasi permasalahnnya masing-masing. Bagi pelajar atau mahasiswa di bidang fashion yang melaksanakan pembelajaran teori maupun praktikal secara online mengalami kesulitan mengaplikasikan karya tugasnya baik secara pengetahuan maupun praktikalnya. Namun, di balik kesulitan efek positif dari pandemi ini adalah pelajar atau mahasiswa dipaksa mendorong batasan-batasan mereka untuk lebih jauh mengembangkan kreativitas sehingga mendapatkan ide dan temuan baru. Strateginya beralih menggunakan menggunakan bahan yang ada di sekitar, yang mungkin sebelumnya tidak menjadi pertimbangan sebagai bagian dari proyek mereka. Di tengah kesulitan mahasiswa mendapatkan solusi dengan menghasilkan produk yang sustainable.
Saat ini dapat dikatakan pandemi belum berakhir, kita masih harus berdampingan dengan virus Corona beberapa tahun ke depan. Tidak dapat lagi menunggu situasi membaik karena di Indonesia sendiri telah mengalami gelombang kedua pembatasan sosial, selain itu adanya kemungkinan ancaman Covid-19 varian baru berpotensi adanya gelombang ketiga yang akan semakin menghambat laju perekonomian negara.
Melalui kegiatan Cikini Fashion Festival 2021 kami menangkap isu besar dari global pandemic yang belum usai, terutama di Indonesia. Dengan visi menjadikan Indonesia sebagai pusat mode dunia, mengajak generasi muda bersama memotivasi diri terus semangat melakukan perubahan dan mengembangkan kreativitas fashion melalui tema “Fashion Movement on a New Normal” .
Sumber Data (Teks & Desain Grafis): FSRD IKJ