Top
  /     /   Civitas Academica IKJ

Art is Tjikini: Luwes di Tjikini

Bidang Riset, Inovasi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Kesenian Jakarta melalui Pusat Studi Urban Creative Hub mempersembahkan:

Website Launch “Art is Tjikini” sekaligus pembukaan Festival Seni Pertunjukan “Luwes di Tjikini” dengan menggelar pertunjukan berjudul “Tempoe Doeloe” karya Cik Im dan karya “Audio Monolog (Sound of Emotion)” oleh Gatot Prabowo.

Presentasi performatif
Tempo Doeloe

📅Jumat, 11 Oktober 2024
⏰15:00-18:00 WIB
📍Area Kampus IKJ dan Teater Luwes IKJ
(Khusus Undangan)

Karya Cik Im
Performers: Mahasiswa Prodi Teater IKJ
Pertunjukan ini mengangkat kembali sejarah beberapa titik poros Cikini mulai dari Gedung Teater Luwes FSP-IKJ, Gedung Joeang 45, Taman Ismail Marzuki, Sekolah Perguruan Cikini dan Gedung Bioskop Metropole. Masing-masing tempat mempunyai latar belakang sejarah yang masih melekat pada ingatan masyarakat Indonesia dan Masyarakat Jakarta khususnya.

“Audio Monolog
Sound of Emotion

 

📅Jumat, 11 Oktober 2024
⏰18:00-19:00 WIB
📍Teater Luwes IKJ
Website Launch : artistjikini.ikj.ac.id

 

📅Jumat, 11 Oktober 2024
⏰19:00-21:00 WIB
📍Teater Luwes IKJ
Registrasi bit.ly/luwestjikini11okt (tempat terbatas)

Karya Gatot Prabowo
Composer: DJ. Dimas Phetorant
Art Director & Video Graphic: Richard D. Kalipung
Performers:
Robinsar H. Simanjuntak
Hilmi Almasyari
Arnold
Amelia
Angel
Firdaus

Audio Monolog adalah karya audio hasil imajinasi dan keresahan perasaan terhadap teks “Kucing Hitam” karya pujangga Edgar Allan Poe (1809-1849) yang kemudian dituangkan ke media audio. Karya eksplorasi dari “Kucing Hitam” yang dialihwahanakan dalam bentuk pertunjukan ini menggambarkan situasi dan emosi-emosi dengan media suara yang mendominasi.
Penyajian dengan tafsir bebas yang dikolaborasikan secara multidimensi, sehingga naskah Kucing Hitam tidak hanya melulu menjadi pertunjukan di atas panggung dengan persepsi artistik di sebuah sel (penjara) dengan seorang aktor yang berkata-kata sendirian. Pertunjukan ini menawarkan situasi kondisi tokoh “Aku” dalam mengungkapkan perasaannya dalam sebuah penjara tetapi sesungguhnya ialah “aku, aku” lainnya yang sebenarnya terhukum dan terpenjara dan ingin segera melarikan diri dari ruang ini.

#PusatStudiUrban #urbancreativehubikj #InstitutKesenianJakarta
#performingarts #culturalheritage #theaterlife #urbanculture #urbanart

 

*

JADWAL

Festival Seni Pertunjukan “Luwes di Tjikini”

Salah satu bagian dari program Art is Tjikini adalah “Luwes di Tjikini”, Luwes di Tjikini adalah kegiatan festival seni pertunjukan yang diadakan di Teater Luwes yang bertempat di Kampus Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Teater Luwes didirikan ketika IKJ masih bernama LPKJ (Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta), sebagai ruang laboratorium yang menampung eksperimen-eksperimen seni pertunjukan. Teater Luwes juga menyimpan ingatan bersama terkait pengetahuan panggung. Selain itu, teater legendaris di kampus seni di jantung ibukota ini telah melahirkan seniman seni pertunjukan dan kepakaran dalam hal panggung. Teater Luwes juga memiliki sejarahnya tersendiri, sejarah mencatat bahwa teater ini adalah panggung seniman tingkat dunia berikut karya-karyanya.

“Luwes di Tjikini” menampilkan karya seni pertunjukan Tari, Musik dan Teater yang merepresentasikan keurbanan Jakarta yang dipersembahkan oleh dosen, mahasiswa dan juga alumni IKJ sepanjang 6 minggu mulai tanggal 11 Oktober sampai 9 November 2024 di setiap akhir pekan.

Saksikan Luwes di Tjikini pada:

📅 11, 18, 25, 26 Oktober dan 1, 8, 9 November 2024
📍Area Kampus IKJ dan Teater Luwes IKJ
Gratis
Info lebih lanjut: artistjikini@ikj.ac.id

 

#PusatStudiUrban #UrbanCreativeHub #RIPKM #InstitutKesenianJakarta #performingarts #culturalheritage #theaterlife #urbanculture #urbanart #ArtisTjikini #LuwesdiTjikini

Sebarkan :
Daftar News