Top
  /     /   Dosen IKJ

Karya Kriya Mahasiswa IKJ Tampil di Floralien 2024 Antwerpen, Belgia

Mahasiswa Institut Kesenian Jakarta, salah satu dari dari tiga kampus seni terkemuka di Indonesia, demikian dilansir oleh pemberitaan media sosial tanah air, turut memperkaya pengalaman budaya mereka di kancah internasional sebagai bagian dari upaya memperkenalkan Indonesia di mata dunia dengan keterlibatannya melalui pameran bunga bergengsi Floralien 2024 di Antwerpen, Belgia (1-6/10).

Habil Rizky Setianto, mahasiswa Program Studi Kriya Seni Fakultas Seni Rupa dan Desain IKJ menjadi salah satu peserta yang menunjukkan mahakarya seni Indonesia otentik melalui hasil tim perangkai bunga dari Yayasan Sumbang Kawruh Indonesia (Sukri Foundation), menjadi satu-satunya delegasi Indonesia dalam event Floralien 2024 yang menampilkan kreasi dan inovasi seni instalasi bunga dan elemen-elemen pendukungnya dari para perangkai bunga andal yang berasal dari berbagai negara di dunia, berlangsung di The Meir Palace Antwerpen.

Pameran yang bertema “BAL FLORAL“, terinspirasi dari karya penuh warna pelukis Belgia James Ensor (1860 – 1949), –sebagai penghormatan bersama tiga pameran seni lainnya di Antwerpen– menjadi kesempatan emas bagi Indonesia untuk menarik perhatian dunia, melalui seni merangkai bunga dan budaya tradisional. Membawa konsep yang unik dan sarat filosofi dalam karya tim tanah air dengan menampilkan instalasi bunga bertema Punakawan, tokoh-tokoh legendaris dalam pewayangan Jawa. Rangkaian bunga dari Indonesia ini tidak hanya menonjolkan keindahan bunga-bunga tropis, tetapi juga memperkenalkan seni lipatan daun kelapa, daun pisang, dan pelepah jagung (klobot), yang disulap menjadi topeng-topeng tokoh Punakawan seperti Semar, Petruk, Gareng, dan Bagong. Istana di Meir, yang kini direnovasi untuk kedua kalinya untuk Bal Floral, setiap sudut istana yang pernah dihuni oleh Napoleon Bonaparte dan raja-raja Belgia ini dihiasi oleh aneka rangkaian bunga, bermandikan bunga dari atas ke bawah. Bal Floral bermandikan warna. Menurut kurator Pieter Toebaert, “Banyak rangkaian bunga yang dihias dengan interpretasi topeng Ensor yang terkenal. Pilihan warnanya yang bernuansa cerah juga menginspirasi.”

Didukung Ditjen Kebudayaan Kementerian Dikbud Ristek dan Sobat Berlibur Travel Arrangement, karya Indonesia di Floralien 2024 menjadi sarana promosi wisata yang efektif, dihadiri oleh ribuan pengunjung dari berbagai negara, menjadi platform untuk meningkatkan ketertarikan terhadap Indonesia dan kehadiran delegasi Indonesia di pameran bunga internasional ini juga bertujuan membuka peluang kerja sama internasional dalam bidang seni dan budaya.

*
News Links:
Sebarkan :
Daftar News