Top
  /     /   Kerja Sama IKJ

Penandatanganan MoU IKJ dengan Seoul Institute of the Arts

Penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) secara daring dilaksanakan oleh Rektor Institut Kesenian Jakarta, Dr. Indah Tjahjawulan, M.Sn. dan President Seoul Institute of the Arts (SIA), Prof. Tay Guhn Yo disaksikan jajaran rektorat-dekanat IKJ dan pihak SIA, didampingi Josh Sangwoo Jung (asisten profesor, dosen seni pertunjukan) serta dihadiri Minister Counsellor (Penasehat Menteri) Dr. Joannes Ekaprasetya Tandjung, Koordinator Fungsi Ekonomi Kreatif & Digital, Percepatan Start Up dan Urusan Diplomasi Publik KBRI Seoul (20/6).

Institut Kesenian Jakarta berterima kasih kepada SIA (Institut Seni Seoul dari Korea) yang telah menghubungi IKJ kembali. IKJ berterima kasih pula kepada KBRI Seoul yang telah berinisiatif memfasilitasi kedua belah pihak IKJ dan SIA untuk terus saling berkolaborasi.

Menyadari bahwa Republik Indonesia dan Republik Korea telah mencapai Peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik pada tahun 2023 lalu, dengan mempertimbangkan pentingnya peran seni, budaya, pendidikan dan ekonomi kreatif sebagai pilar kerja sama antara Republik Indonesia dan Republik Korea dalam ke depan, Rektor IKJ dalam sambutannya menyatakan bahwa IKJ memiliki pemahaman untuk menjalin hubungan kolaboratif dalam bidang pendidikan, kreasi, dan kegiatan seni lainnya yang saling menguntungkan.

MoU ini berisi kesepakatan atas agenda kolaborasi kedua pihak untuk: memulai dan melaksanakan program magang; pertukaran informasi, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman; mengembangkan hubungan yang lebih dekat berdasarkan pembelajaran dan berbagi praktik terbaik; bekerja secara produktif untuk memastikan hubungan dan kolaborasi yang sukses. Area prioritas kolaborasi saat ini adalah: menjajaki kemungkinan magang mahasiswa dan program pertukaran sumber daya manusia untuk pengembangan studi seni; bertukar informasi, pengetahuan, dan sumber daya untuk hal-hal yang saling menguntungkan kedua belah pihak, atau mengatasi kepentingan dan kepedulian (awareness); merencanakan dan melaksanakan proyek inovatif berbasis seni.

IKJ berharap rencana kedua pihak dapat terwujud dan menjadi kerja sama yang berkelanjutan di masa depan. Salah satu realisasinya dalam waktu dekat yang diajukan Rektor IKJ adalah acara seminar di IKJ, sebagaimana dijelaskan pula oleh Dr. Madia Patra Ismar, S.Sn, M.Hum., Wakil Rektor III Bidang Riset, Inovasi dan Pengabdian kepada Masyarakat, dalam rangka Dies Natalis IKJ 54 mendatang.

 

Sebarkan :
Daftar News