Top
  /     /   Kerja Sama IKJ

FGD Strategi Perguruan Tinggi Membangun Reputasi

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III (tiga) mengadakan Talkshow dan Focus Group Discussion (FGD) Peran Strategis Humas Perguruan Tinggi Swasta dalam Mendukung Reputasi, yang bertujuan melakukan riset terkait peran dan fungsi kehumasan, berlangsung di Universitas Tarumanagara (UNTAR), Jakarta (6/11).

Institut Kesenian Jakarta (IKJ) diwakili Ka.UPT Kerja Sama & Komunikasi Dita Rachma Sari, M.Sn, hadir memenuhi undangan LLDikti III di forum ini yang bertujuan salah satunya menghasilkan rekomendasi berupa pedoman kehumasan bagi perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi swasta (PTS) di bawah LLDikti Wilayah III.

Forum ini membahas peran dan keberadaan relasi publik setiap lembaga saat memasuki era informasi terbuka, menjadi garda terdepan dalam menyalurkan berbagai informasi yang dibutuhkan masyarakat, khususnya di dunia pendidikan, termasuk Perguruan Tinggi dalam menyampaikan berbagai informasi termasuk berperan dalam menciptakan pencitraan yang baik terkait kualitas dan mutu kampus. 

Dibicarakan bahwa praktisi di bidang komunikasi harus mampu memahami keinginan calon mahasiswa terkait saluran komunikasi yang sesuai. Salah satu penentu calon mahasiswa memilih universitas adalah reputasi, maka reputasi ini harus didukung dengan strategi komunikasi yang tepat untuk memenangkan persaingan dan keberlanjutan perguruan tinggi.

Strategi komunikasi instansi/lembaga disebutkan terdiri dari susunan rencana, manajemen, taktik, kendali. Berbagai aktivitas komunikasi meliputi komunikator, pesan, saluran (media), penerima serta dampak yang telah diperkirakan, agar komunikasi dapat berjalan dengan efektif dan efisien serta sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Untuk komunikasi yang menggunakan media sangat perlu memperhatikan adanya komunikator, media, pesan, khalayak dan juga feedback. Kuncinya adalah pada tahapan strategi komunikasi yang meliputi perumusan, implementasi dan evaluasi.

Selain mempromosikan aspek kemasyarakatan (segala hal yang berhubungan dan menyangkut kepentingan publik), juga membangun identitas dan citra perguruan tinggi dengan menciptakan identitas dan citra perusahaan yang positif dengan kegiatan komunikasi timbal balik dua arah dengan berbagai pihak. Dalam menghadapi krisis pun perlu menggunakan strategi dalam menangani keluhan dan menghadapi krisis yang terjadi dengan membentuk manajemen krisis dan relasi publik untuk memperbaiki citra yang rusak.

#humasdikti #publicrelation #pedomankehumasan #institutkesenianjakarta

Sebarkan :
Daftar News