Top

Struktur Organisasi

STRUKTUR ORGANISASI

Rektorat IKJ

2020-2024

 

Dr. Indah Tjahjawulan, M.Sn.

Rektor Institut Kesenian Jakarta

__

Dr. Indah Tjahjawulan, M.Sn menyelesaikan studi Desain Komunikasi Visual S1 (1997) serta S2 Seni Urban dan Industri Budaya (2011) di Institut Kesenian Jakarta sebelum meraih gelar doktor di Institut Teknologi Bandung untuk Ilmu Seni Rupa dan Desain (2016). Studi S2 & S3 ini dilaluinya melalui Beasiswa Unggulan Mandiri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Mengabdi di almamaternya (IKJ) sebagai anggota staf pengajar (dosen) di Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa IKJ selama hampir seperempat abad dan menjadi kepala Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa IKJ (2000-2003 dan 2013-2016), Pengajar Tamu dan Pembimbing Tesis (Kajian) di Sekolah Pascasarjana Institut Kesenian Jakarta (IKJ) sejak 2016, sekaligus menjabat sebagai Sekretaris Senat Akademik Institut Kesenian Jakarta, hingga kemudian dipercaya menjadi Dekan Fakultas Seni Rupa IKJ untuk periode 2016–2020 sebelum ini.

Dikenal sebagai desainer grafis sejak tahun 1995, ia telah terlibat dalam penataan pameran nasional maupun internasional, serta editor Jurnal Seni Rupa Warna (JSRW) sejak 2016 hingga kini dan staf editorial (artistik) Jurnal Urbanitas, Sekolah Pasca Sarjana IKJ, Seni Urban dan Industri Budaya (2011-2014). Aktif dalam organisasi profesi, ia pernah menjabat sebagai Direktur Finance ADGI (Asosiasi Desainer Grafis Indonesia) untuk periode 2008 – 2010. Saat ini selain menjadi anggota kehormatan ADGI, anggota ADI (Asosiasi Dosen Indonesia) dan anggota Perkumpulan ADRI (Ahli dan Dosen Republik Indonesia, ia juga mendapatkan kepercayaan dari Kemenristekdikti sebagai anggota Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Indonesia dan Evaluator Usulan Program Studi Perguruan Tinggi Indonesia.

Yudi Amboro, M.Sn.

Wakil Rektor I – Bidang Akademik dan Kemahasiswaan

__

Yudi Amboro, M.Sn  menyelesaikan studi Magister (S2) pada bidang Seni Urban dan Industri Budaya Pascasarjana Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Jakarta (2011) usai meraih Sarjana (S1) pada bidang Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa IKJ, Jakarta (2001) dan sebelumnya meraih Diploma (D3) pada bidang Desain Grafis Fakultas Seni Rupa IKJ, Jakarta (1997) dengan fokus utama pada penelitian di bidang Animasi dan Video Games.

Selain menempuh pendidikan formal ia juga mengikuti pendidikan lanjutan di bidang Desain Komunikasi Visual dan Multimedia melalui berbagai seminar, kursus, dan pelatihan yang diadakan oleh institusi di tingkat nasional dan internasional. Selain mengajar ia acapkali diminta menjadi Konsultan di bidang Desain Multimedia pada beberapa perusahaan yang berpusat di Hong Kong dengan proyek klien internasional di wilayah Asia Tenggara, Timur dan Tengah
seperti produksi untuk pementasan seni dan pameran di Indonesia, dan juga sebagai narasumber bidang Desain Komunikasi Visual untuk beberapa Kementerian dan Lembaga Pemerintah Republik Indonesia.

Karirnya sebagai pendidik dimulai sebagai Asisten Dosen pada tahun 1998 di Fakultas Seni Rupa dan kemudian terus berlanjut hingga diangkat menjadi Dosen Tetap bidang Animasi & Multimedia Program Studi DKV di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) mulai tahun 2004. Selama itu ia juga dipercaya untuk menjabat berbagai posisi struktural sejak sebagai Koordinator Peminatan Multimedia, Sekretaris Program Studi DKV dan kemudian sebagai Wakil Dekan
bidang Akademik di Fakultas Seni Rupa (2016-2020) sebelum ini.

Bintang Bayangkari Doeana, M.Sn.

Wakil Rektor II – Bidang Keuangan, Umum dan Sumber Daya Manusia

__

Bintang Bayangkari Doeana, M.Sn menyelesaikan S2 di Pasca Sarjana IKJ untuk Studi Mayor Seni Urban (2012) setelah lulus studi Mayor Tata Artistik jenjang S1 di Fakultas Film & Televisi-IKJ (1999) dan D3 (1988) sekaligus lulus D3 untuk Mayor Bahasa Jepang di Universitas Indonesia yang dilanjutkan di Trident College, Nagoya, Jepang (1990).

Selain itu ia mengikuti berbagai kursus, antara lain untuk Produksi Video di Leon County Adult and Community Education,Tallahassee, USA (1991), kursus Public Speaking di Florida State University, Tallahassee, USA (1990) dan kursus Documenter dengan Alan Rosenthal di Australian Film Television and Radio School-AFTRS, Sydney (1993) serta partisipasi pada the Friendship Programmed for the 21st Century The Japan International Cooperation Agency – JICA, Japan (1986).

Sejak 1991 hingga kini ia adalah Pengajar Tata Artistik Film IKJ. Kegiatan lainnya sebelum ini antara lain adalah dalam Pengembangan SDM Citra, Citra Film School Pusat Perfilman H. Usmar Ismail (2007), Deputi Training dan Edukasi KFT Indonesia Persatuan Karyawan Film & Televisi Indonesia (2012–2014), utusan dari IKJ (Indonesia) untuk VGIK International Student Film Festival, Moscow (2013) dan sempat menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang II, FFTV-IKJ (2008 – 2013).


Madia Patra Ismar, S.Sn., M.Hum.

Wakil Rektor III – Bidang Riset, Inovasi dan Pengabdian kepada Masyarakat

__

Madia Patra Ismar, S.Sn., M.Hum. adalah staf pengajar (dosen) Kajian dan Multimedia Seni di Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Sebelumnya, Program Studi Koreografi di Jurusan Tari FSP IKJ diambilnya (1987) sebelum menyelesaikan studi Strata 1 di Jurusan Antropologi Tari FSP IKJ (2000) sebelum mendapatkan gelar Magister Humaniora dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (2012). Kini, ia berpredikat sebagai kandidat doktor dari FIB UI.

Sebelumnya, selepas SMA (1984) ia sempat kuliah di jurusan Arkeologi UI meski hanya 1 semester, kemudian berlanjut studi di Stamford College Jurusan Managerial Principles, Singapura hingga selesai (1987). Freelancer interpreter/translator bahasa Inggris yang juga ahli pencak silat ini kembali ke tanah air dan selain kuliah di IKJ juga aktif di berbagai kegiatan seni. Ia juga terpilih sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Tari IKJ (1990) dan Sekretaris Badan Kemahasiswaan IKJ serta terlibat berbagai kegiatan produksi kesenian di kampus. Tak hanya lokal namun juga di kelas internasional, ia juga terlibat berbagai kegiatan seni seperti Asian University Folk Arts Festival di Jakarta, Indonesian Dance Festival (1991), Jakarta International Festival 1991, Humas dan Kesekretariatan dan Koordinator “Lokakarya Koreografi dan Diskusi Manajemen Seni Pertunjukan IDF VII” (2004).

Penari, koreografer dan sutradara yang juga selaku pembicara, moderator and interpreter dalam berbagai seminar nasional dan internasional ini pernah menjadi pengajar Kursus Movement for Acting serta Management Ketua Jurusan Kajian Seni Pertunjukan FSP IKJ (2008-2012), Sek-Prodi Antropologi Tari dan Prodi Etnomusikologi (2012-2015) IKJ, Dosen Tetap Prodi Etnomusikologi FSP IKJ dan Dosen Luar Biasa di Prodi Tari IKJ. Peneliti dan penulis artikel dalam berbagai buku serta jurnal nasional dan internasional sebelum ini adalah Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di FSP IKJ (2017-2020).

Daftar News