Top
  /     /   Dosen IKJ

Pelatihan Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi Dosen IKJ

Para pengajar dari 3 fakultas (FSRD, FFTV, FSP) di Institut Kesenian Jakarta, mengikuti keseruan Pelatihan Teknik Instruksional (PEKERTI) yang berlangsung selama 4 hari via daring dan 2 hari luring di Universitas Hamka, Kramat Jati, Jakarta (22-27/5).

Salam debur ombak­čîŐ

*

Update info pelatihan PEKERTI-AA 2023:

PEKERTI maupun AA (Applied Approach) merupakan sebuah program pelatihan dari pemerintah melalui Kemdikbud yang ditujukan untuk dosen di Indonesia, yang dirancang Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk peningkatan kompetensi dasar pedagogik yang wajib dikuasai bagi para dosen.

Program pelatihan ini dapat dimanfaatkan dalam rangka meningkatkan kompetensi dosen secara profesional dalam menjalankan jabatan fungsional, terutama dalam peningkatan keterampilan pedagogis dan pengajaran agar dosen profesional semakin mengasah diri saat menjalankan tugasnya, sesuai dengan hak dan kewajiban di dalam jabatan fungsional maupun melaksanakan aktivitas tridarma.

Dosen wajib mengikuti PEKERTI yang merupakan pelatihan lanjutan. Program ini membantu dosen memahami arti penting mengembangkan karir akademik lewat jabatan fungsional. Sekaligus bisa berkomitmen melaksanakan aktivitas tridarma selama masa pengabdian.

Pentingnya Pelatihan PEKERTI-AA seiring dengan kebijakan baru pemerintah (Kemdikbud) bertajuk Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di perguruan tinggi, supaya menjadi pendidik dan pengajar yang mumpuni untuk bisa mencetak generasi penerus bangsa berkualitas.

PEKERTI dan AA adalah dua jenis program pelatihan yang sangat penting untuk diikuti oleh seluruh dosen di Indonesia, baik yang mengabdi di PTN maupun PTS. Program pelatihan ini sendiri berjalan sejak beberapa tahun lalu. Pada tahun 2021, sertifikat PEKERTI maupun AA telah menjadi syarat administrasi bagi dosen muda untuk bisa mengikuti sertifikasi dosen. Hal ini menunjukkan arti penting pelatihan ini untuk diikuti dan dipahami sekaligus diterapkan dosen ketika mengabdi.

Info pelatihan PEKERTI-AA 2023 tentu menjadi sesuatu yang banyak dicari oleh dosen, khususnya dosen muda. Maupun oleh dosen yang memang belum mengikuti pelatihan tersebut. Kedua jenis pelatihan ini diselenggarakan oleh instansi berbeda di waktu berbeda juga. Jadwal penyelenggaraan disesuaikan dengan kebijakan masing-masing instansi yang sudah ditetapkan menjadi penyelenggara resmi oleh Kemdikbud.

PEKERTI AA 2023 diselenggarakan oleh sejumlah perguruan tinggi, organisasi profesi, dan lembaga pelatihan yang sudah memenuhi standar yang ditetapkan Ditjen Dikti.

Penyelenggaraan PEKERTI maupun AA di sejumlah instansi pendidikan atau perguruan tinggi, di tahun 2023 mayoritas digelar secara online. Hal ini memungkinkan para dosen di daerah dan wilayah manapun untuk bisa ikut pelatihan tanpa perlu datang ke lokasi penyelenggara. Selain itu, pelaksanaan ini bisa menjadi solusi tetap bisa ikut pelatihan tanpa khawatir mengalami resiko terpapar Covid-19 yang saat ini kasus positifnya masih ada. Maka, para dosen di PTN dan PTS lebih leluasa memilih tempat penyelenggara.

#IKJ

Sebarkan :
Daftar News