Top

David Rafael Tandayu

  /     /   David Rafael Tandayu

David Rafael Tandayu

Rapper, Lecturer, Graphicdesigner, Writer

"Roots itu penting"

Profil

Alumnus Sekolah Pascasarjana Institut Kesenian Jakarta ini adalah nakhoda tim desain dan publikasi program akbar Tahun Emas IKJ 2020.

Namanya lebih dikenal sebagai rapper dengan inisial DRT (dibaca: di ar ti), singkatan dari David Rafael Tandayu. Merilis album perdana di tahun 2017 setelah manggung di acara Berandalfest, namun DRT sebenarnya sudah aktif di atas panggung sejak tahun ’99. Sebelumnya, DRT bersama band rap rock Kripikpeudeus selama dua dekade lebih dan Bangsat Beriman, sebuah group hardcoreSaat itu DRT ingin bereksperimen dan mengamati hasil musik hip hop yang dibuat oleh anak metal. DRT juga penyuka K-pop dari segi sound dimana unsur tersebut juga dimasukkan ke dalam album perdananya Kitorang yang bertema tentang nusantara bhinneka tunggal ika, keragaman budaya dan indahnya persatuan.

Di balik semua aktivitas di panggung musik pop-art tersebut di atas, David tetap aktif sebagai pengajar (dosen) di LaSalle College dan Universitas Bina Nusantara. Tak hanya itu, ia bersama teman-temannya menggalang beberapa komunitas. Kopi Keliling adalah salah satunya yang giat menggerakkan roda wacana dan peluang profesi para pegiat seni dalam konteks masyarakat urban. Itulah sebabnya ia menyatakan bahwa inisial namanya (DRT) juga berarti Dosen-Rapper-Teman.

Pendidikan

Fakultas Seni Rupa & Desain Komunikasi Visual
Universitas Trisakti (1995 - 2000)
FISIP UI Antropologi
Universitas Indonesia (2010 - 2013)
Sekolah Pascasarjana
Institut Kesenian Jakarta

Pengalaman Profesional

Pengajar
LaSalle College - Jakarta (2016 – kini) | Binus (2007-kini)
Dosen pembimbing kegiatan pameran karya bebas mahasiswa
2008: "BEBAS adalah ..." | 2009: "10 Untuk Bebas" | 2011: "Ruang Luang" | 2013: "Kong-X-Kow".
Public Relations
SoUYeah Entertainment (2015 – kini)
Rapper (vocal, lyrics)
Kripikpeudeus Rap & Rock band (1999 – kini)
Writer
KulturBlender.com (2011 – kini)
Program Manager
Maros Visual Culture Initiative (2007 – 2013). Maros Visual Culture Initiative (MVCI) adalah bagian dari kerja budaya yang terkait dengan organisasi Sacred Bridge Foundation (SBF, sebagai pelindung MVCI) & Listen to the World (mitra MVCI, organisasi subsidiary dari SBF); pengalaman kerja budaya di organisasi-organisasi -selain MVCI- tersebut
Program Manager
SBF: 2005 & 2007 - volunteer untuk program "Hugging the City" (2005 - lokasi: kantor berita Antara, Pasar Baru, Jakarta; 2007 - program tentang Wayang Betawi), 2009 & 2012.
Daftar News